Skip to main content

Universitas Paling Favorit Di Medan: Yuks Pilih Sesuai Cita-Citamu!

Kota Medan adalah salah satu kota yang strategis di Pulau Sumatera, karena merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara. Sehingga banyak terjadi kegiatan ekonomi maupun pemerintahan yang difokuskan di kota ini.


Kota Medan juga merupakan gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Nasional Kuala Namu. Dalam dunia pendidikan, Kota Medan juga dianugerahkan sebagai Kota Pendidikan terbesar di Sumatera, jadi tidak heran jika banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta di kota ini.

Universitas Paling Favorit di Medan

Pendidikan di Kota Medan tidak kalah berkembang dari pendidikan di Pulau Jawa. Tak heran jika di kota ini juga terdapat banyak universitas unggul yang menjadi favorit calon mahasiswa.  Berikut ini ulasan profil universitas favorit di Kota Medan yang wajib kamu ketahui.

1) Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara atau sering disebut USU merupakan salah satu universitas ternama di Kota Medan dan menjadi universitas favorit di kota tersebut. Kampus ini beralamat di Jalan Dr. T. Mansyur No. 9 Kota Medan. Awal mula pendirian universitas ini dikelola oleh Yayasan Universitas Sumatera Utara. Tak heran jika banyak yang berminat untuk melanjutkan kuliah di universitas ini.

Di kampus ini tersedia banyak sekali pilihan fakultas dan program studi yang ditawarkan:

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Fakultas Kedokteran dan Gigi
Fakultas Sastra
Fakultas Matematika dan MIPA
Fakultas Sospol
Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan
Fakultas Psikologi
Fakultas Keperawatan

Selain itu juga tersedia berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan akademik maupun non akademik mahasiswa, seperti:

o Fasilitas Olahraga
o Asrama Mahasiswa
o Layanan Bus Kampus
o Pusat Bahasa
o Rumah sakit
o Pusat Sistem Informasi

Kampus ini juga unggul dalam bidang akademik dan non akademik, seperti prestasi yang membanggakan satu ini yaitu, Mematenkan bahan bakar energy Bioethanol pada tahun 2009, meraih 2 medali emas dalam Word Choir Games di Austria tahun 2008.

2) Universitas Medan Area

Nama Universitas Medan Area memiliki filosofi perjuangan rakyat Medan ketika melawan penjajah. Sehingga peristiwa tersebut diabadikan dengan mendirikan Universitas ini. Universitas ini merupakan salah satu universitas favorit di Kota Medan. Tak heran jika sistem seleksi masuk perguruan tinggi ini dipadati oleh banyak peminat.  Universitas Medan Area mengalami perkembangan yang cepat dengan memperoleh

Akreditasi B dari BAN-PT tahun 2016 dan kini telah memiliki banyak fakultas yang ditawarkan, seperti :

Fakultas Teknik
- Teknik sipil
- Teknik elektro
- Teknik mesin
Fakultas Biologi
- Biologi
Fakultas Pertanian
- Agroteknologi
- Agribisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
- Ilmu Pemerintahan
- Ilmu Administrasi Negara
- Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi
- Manajemen
- Akuntansi
Fakultas Hukum
- Ilmu Hukum
Fakultas Psikologi
- Psikologi

Di kampus ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti : klinik kesehatan, asrama mahasiswa, masjid, cafe, wifi, minimarket, parkir yang disertai cctv dan gelanggang olahraga.

Prestasi yang diraihpun patut dibanggakan yaitu, Juara II Karate Internasional Yogyakarta tahun 2016,dll.

3) Universitas Negeri Medan

Unimed atau Universitas Negeri Medan adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Medan. Kampus ini memiliki motto “The Character Building University” yang artinya Universitas Pembangun Karakter.

Universitas ini didirikan pada tanggal 23 Juni 1963 dan beralamat di Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan telah memiliki banyak fakultas:

Fakultas Bahasa dan Seni
Fakultas Matematikan dan FMIPA
Fakultas Ilmu Keguruan (FKIP)
Fakultas Ilmu Sosial
Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)
Fakultas Teknik
Fakultas Ekonomi

Fasilitas yang disediakan oleh kampus ini juga sangat memadai, seperti : laboratorium, kantin, ruang perkuliahan, area parkir, akses wifi, tempat ibadah dan sarana olahraga.

Prestasi yang pernah diraih juga banyak, Unimed pernah menjuarai LCC Kementerian Pertahanan dan Keamanan RI tahu 2016, Finalis PMW Tingkat nasional tahun 2016, dan sebagai pengelola Barang Milik Negara terbaik ke-2 tahun 2016.

4) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas ini adalah salah satu universitas milik Yayasan Pendidikan Muhammadiyah yang berdiri sejak tanggal 29 Februari tahu 1957. Universitas ini juga mendedikasikan diri sebagai pencetak generasi bangsa yang agamis dan cerdas.

Hingga saat ini Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara memiliki delapan Fakultas untuk program sarjana dan lima program studi untuk pascasarjana.

Fakultas Agama Islam
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Pertanian
Fakultas Ekonomi
Fakultas Hukum
Fakultas Kedokteran

Adapun fasilitas yang disediakan oleh kampus ini yaitu, seperti : tempat ibadah, gedung perkuliahan, area parkir, wifi, kantin, perpustakaan dan sistem akademik online.

Universitas Muhammadyah Sumatera Utara juga memiliki berbagai prestasi yang membanggakan, seperti : universitas ini dinobatkan sebagai universitas muhammadiyah terbaik di Pulau Sumatera, juga sebagai universitas swasta berprestasi di Kopertis I Sumatera.

5) Universitas Islam Sumatera Utara

Kampus yang terletak di Jl. Sisingamangaraja Teladan, kelurahan Teladan Barat, Kec. Medan Kota, Medan Sumatera Utara ini merupakan salah satu universitas swasta yang berbasis keislaman yang ada di Kota Medan. Universitas ini menawarkan berbagai fakultas bagi para calon mahasiswa.

Fakultas Ekonomi
Fakultas Teknik
FKIP
Fakultas Hukum
Fakultas Sastra
Fakultas Pertanian
Fakultas Agama Islam
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Kedokteran

Selain itu juga tersedia sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan di kampus, seperti : fasilitas olahraga, perpustakaan, sarana ibadah, free hotspot area, gedung perkuliahan, dll.

Universitas ini telah melakukan kerja sama dengan berbagai universitas lain yang ada di Indonesia dalam bidang peningkatan mutu pendidikan.

Universitas yang besar mencerminkan pendidikan yang besar pula, oleh sebab itu persiapkanlah diri kamu untuk memasuki dunia perkuliahan yang akan menjadi gerbang awal menuju angan dan cita-cita.

Selain itu, sebelum memasuki dunia perkuliahan. Persiapkanlah bekal untuk bersaing memasuki universitas favorit kamu.

Kiat-Kiat Agar Lolos Di Universitas Paling Favorit di Medan

Berikut ini adalah kiat-kiat agar lolos di universitas favorit di Kota Medan:

  1. Tentukan pilihan program studi jauh-jauh hari
  2. Asahlah kemampuan mu dalam bidang akademik maupun non akademik, karena prestasi akan juga menentukan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  3. Ikutilah berbagai macam tes percobaan masuk perguruan tinggi.
  4. Update info-info terkini seputar universitas-universitas favorit yang ada di kota kamu. 
  5. Yang terpenting adalah usaha dan doa, doa yang dilakukan tanpa usaha hanya sia-sia, sementara usaha tanpa dibarengi doa juga percuma. 

Memasuki dunia perkuliahan tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, persiapkan segala persyaratan yang sesuai dengan ketentuan dan perbarui informasi kamu seputar dunia perkuliahan secara rutin.

Popular posts from this blog

7 Lokasi Soto Paling Enak di Medan

Medan adalah kota yang kaya akan tempat wisata dan kuliner. Salah satu makanan khas Medan ialah Soto Medan. Kuliner khas Medan ini punya aroma rempah yang kuat dengan kuah santan gurih yang menggoda. Kalau kamu sedang pergi ke Medan, jangan lupa mencicipi soto ini. Terdapat banyak warung soto yang menawarkan sajian soto dengan berbagai macam pilihan dan variasi rasa. Di mana saja ya warung soto yang memiliki rasa lezat? Pilihan Lokasi Soto Paling enak di Medan Berikut ini adalah daftar warung makan soto di Medan yang wajib kamu coba. 1. Soto Rumah Makan Sinar Pagi Ketika berkunjung ke Medan, kamu bisa datang ke rumah makan soto Sinar Pagi. Kelebihan dari soto di warung ini yaitu memiliki kuah kuning yang lezat dengan aroma jahe yang kuat. Serta isian dalam soto yang melimpah bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang mencari kualitas dan kuantitas dalam suatu kuliner. Warung soto ini mulai berdiri dari tahun 1962, saking legendarisnya RM Sinar Pagi didaulat menjadi salah

Tips Hidup Di Kota Medan: Kenali Karakter dan Watak Mereka Supaya Kamu Nyaman

Medan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia yang sangat nyaman untuk ditinggali. Ada banyak sekali hal unik yang bisa kamu jumpai di ibu kota Sumatera Utara ini. Mulai dari tempat wisata, kuliner dan juga budayanya. Banyaknya keunikan-keunikan tersebut, tidak heran jika ada banyak orang yang merasa betah berlama-lama atupun tinggal di kota ini. Tinggal di kota Medan tidak ada perbedaan yang berarti dengan tinggal di kota-kota besar lainnya. Namun, jika kamu ingin tinggal di kota Medan, maka kamu perlu mengetahui beberapa hal. Salah satu hal penting yang harus kamu ketahui adalah karakter dan sifat orang Medan. Dengan mengetahui karakter dan sifatknya, kamu pasti akan lebih nyaman jika tinggal di Medan. Karakter dan Sifat Orang Medan Orang medan memiliki karakter dan sifat yang sudah terkenal sampai ke penjuru Indonesia. Suara dengan nada tinggi serta terlihat arogan merupakan karakter utama yang bisa kamu lihat dari luar. Selain suara yang tinggi, masih ada karakter la

7 Alasan Mengapa Kota Medan Sangat Layak Untuk Dijadikan Tempat Tinggal Keluarga

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Medan memiliki banyak hal seperti hiburan, kuliner, pendidikan, perkumpulan berbagai etnis dan sebagainya. Banyak masyarakat juga merasa betah tinggal di sana karena keindahan alamnya yang menawan. Kalaupun ada orang Medan yang merantau, pasti mereka akan merasa sangat rindu bisa pulang ke kampung halamannya kembali. Bahkan, banyak juga orang yang sudah sukses di tanah rantau namun tetap ingin menghabiskan masa tuanya di kota Medan. Apa sih yang membuat Medan sangat layak dijadikan tempat tinggal? Alasan mengapa masyarakat nyaman dan betah tinggal di kota Medan membuat banyak orang penasaran. Tak heran jika banyak masyarakat yang berasal dari luar kota Medan sering bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat Medan bisa sebegitu nyaman untuk ditinggali. Jika kamu juga penasaran dengan jawaban pertanyaan tersebut, mari simak informasi di bawah ini! 1. Salah satu kota terbesar di Indonesia Medan merupakan salah satu kota terbesar