Skip to main content

Danau Toba: Wisata Indah dengan Segala Keunikannya

Danau Toba merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Utara. Danau ini juga termasuk danau yang terbesar se-Asia Tenggara. Selain sebagai tempat wisata, Danau Toba juga terkenal dengan cerita-cerita mistisnya. Namun demikian, cerita mistis tersebut tidak lantas membuat danau ini sepi dari pengunjung. Bahkan, banyak masyarakat yang justru penasaran dengan cerita tersebut.


Sejarah Danau Toba

Danau Toba terbentuk ketika ledakan sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu. Ledakan tersebut merupakan letusan super volcano yang paling baru. Menurut Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University, ada sekitar 2.800 km3  material yang terdapat dalam letusan tersebut.

Dahsyatnya letusan supervocano tersebut menyebabkan banyak sekali makhluk hidup yang punah. Bahkan, menurut beberapa bukti dari DNA, peristiwa ini juga mengurangi jumlah manusia sekitar 60% dari jumlah populasi manusia yang ada di bumi yaitu sekitar 60 juta.

Setelah terjadi letusan super volcano, akhirnya terbentuklah danau yang terisi air dan menjadi seperti sekarang. Danau tersebut dikenal dengan sebutan Danau Toba. Bahkan, danau tersebut merupakan danau terbesar se-Asia Tenggara.

Keunikan Danau Toba

Terlepas dari cerita mistis yang ada di Danau Toba, siapa sangka bahwa danau ini banyak sekali menyimpan keunikan yang tidak semua orang mengetahuinya. Beberapa keunikan tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Keajaiban alam yang menakjubkan

Danau Toba merupakan danau berkawah yang memiliki ukuran sangat besar dan luas. Bahkan, luasnya hampir sama dengan negara Singapura. Dengan luas sekitar 1.145 kilometer persegi membuat danau ini lebih pantas disebut sebagai lautan daripada danau. Tak heran jika danau Toba menjadi danau terbesar se-Asia Tenggara dan terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter. Danau ini berada di urutan ke dua terbesar di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

2. Terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir

Keunikan selanjutnya yang ada di Danau Toba yaitu terdapat sebuah pulau vulkanik yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Pulau vulkanik ini disebut dengan pulau Samosir. Di tengah-tengah pulau terdapat dua danau yang juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Kedua danau tersebut bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Hutan-hutan pinus juga tumbuh di sekitar Danau Toba. Tumbuhan tersebut tersusun dengan rapi dan terlihat sangat asri. Ditambah lagi dengan adanya air terjun yang sangat mempesona sehingga mampu menghipnotis semua pengunjung yang melihatnya. Lokasi pemandian air belerang juga menambah kenyamanan para pengunjung untuk menikmati alam Danau Toba.

Sedangkan di Pulau Samosir terdapat pegunungan yang berkabut. Terdapat pula air terjun yang sangat jernih sehingga cocok untuk berenang. Hal yang paling menarik tentunya keberadaan masyarakat Batak yang tinggal di sekitar Danau Toba. Semua masyarakatnya sangat ramah dengan siapapun yang berada di sana.

3. Memiliki nilai magis

Salah satu keunikan yang paling banyak diketahui oleh masyarakat yaitu bahwa Danau Toba memiliki sejarah nilai magis yang cukup kental. Masyarakat di sana percaya bahwa danau tersebut merupakan tempat tinggalnya Namborru atau tujuh nenek moyang Suku Batak. Jika suku tersebut akan melakukan suatu acara yang digelar di sekitar Danau Toba, maka mereka selalu berdoa dan meminta izin kepada Namborru terlebih dahulu.

4. Kaya akan kesenian khas Batak

Di Danau Toba terdapat pula berbagai atraksi budaya yang bisa kamu temukan. Mulai dari atraksi Si Gale-gale di Desa Tombok, Desa Simanindo dan Desa Ambarita. Kamu juga bisa mencoba tarian Tor-tor bersama dengan Si Gale-gale yang diiringi music khas Batak Toba. Jika ingin mencari oleh-oleh khas Batak, kamu bisa membeli kain ulos yang banyak tersedia di Desa Tomok dan Ambarita.

5. Banyak peninggalan budaya 

Banyak sekali peninggalan budaya yang bisa kamu temukan di kawasan Danau Toba. Kamu bisa berkunjung ke Museum Batak dan Museum Raja Sidabutar jika ingin mengetahui berbagai cerita sejarah di sana. Selain itu, ada juga batu persidangan yang berada di Desa Huta Siallagan.

Batu tersebut merupakan peninggalan kanibalisme terdahulu. Kamu juga bisa berkunjung ke tanah leluhur Bangsa Batak yaitu di puncak Gunung Pusuk Buhit. Tempat tersebut konon katanya merupakan tempat turunnya manusia pertama di bumi. Berbagai benda pusaka dan monument keturunan serta silsilah raja Batak bisa kamu temukan di lokasi tersebut.

6. Danau dengan legenda yang sangat terkenal

Legenda Danau Toba sangat terkenal di Indonesia. Legenda tersebut menceritakan seorang pemuda dan putri yang berasal dari ikan serta anak kecil yang menambah kesan di dalam cerita Danau Toba. Cerita legenda tersebut menceritakan awal mula terbentuknya Danau Toba.

Keunikan yang ada di Danau Toba merupakan alasan mengapa banyak wisatawan yang merasa kagum dan terpesona dengan Danau Toba. Tak heran jika danau ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Popular posts from this blog

7 Lokasi Soto Paling Enak di Medan

Medan adalah kota yang kaya akan tempat wisata dan kuliner. Salah satu makanan khas Medan ialah Soto Medan. Kuliner khas Medan ini punya aroma rempah yang kuat dengan kuah santan gurih yang menggoda. Kalau kamu sedang pergi ke Medan, jangan lupa mencicipi soto ini. Terdapat banyak warung soto yang menawarkan sajian soto dengan berbagai macam pilihan dan variasi rasa. Di mana saja ya warung soto yang memiliki rasa lezat? Pilihan Lokasi Soto Paling enak di Medan Berikut ini adalah daftar warung makan soto di Medan yang wajib kamu coba. 1. Soto Rumah Makan Sinar Pagi Ketika berkunjung ke Medan, kamu bisa datang ke rumah makan soto Sinar Pagi. Kelebihan dari soto di warung ini yaitu memiliki kuah kuning yang lezat dengan aroma jahe yang kuat. Serta isian dalam soto yang melimpah bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang mencari kualitas dan kuantitas dalam suatu kuliner. Warung soto ini mulai berdiri dari tahun 1962, saking legendarisnya RM Sinar Pagi didaulat menjadi salah

Tips Hidup Di Kota Medan: Kenali Karakter dan Watak Mereka Supaya Kamu Nyaman

Medan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia yang sangat nyaman untuk ditinggali. Ada banyak sekali hal unik yang bisa kamu jumpai di ibu kota Sumatera Utara ini. Mulai dari tempat wisata, kuliner dan juga budayanya. Banyaknya keunikan-keunikan tersebut, tidak heran jika ada banyak orang yang merasa betah berlama-lama atupun tinggal di kota ini. Tinggal di kota Medan tidak ada perbedaan yang berarti dengan tinggal di kota-kota besar lainnya. Namun, jika kamu ingin tinggal di kota Medan, maka kamu perlu mengetahui beberapa hal. Salah satu hal penting yang harus kamu ketahui adalah karakter dan sifat orang Medan. Dengan mengetahui karakter dan sifatknya, kamu pasti akan lebih nyaman jika tinggal di Medan. Karakter dan Sifat Orang Medan Orang medan memiliki karakter dan sifat yang sudah terkenal sampai ke penjuru Indonesia. Suara dengan nada tinggi serta terlihat arogan merupakan karakter utama yang bisa kamu lihat dari luar. Selain suara yang tinggi, masih ada karakter la

7 Alasan Mengapa Kota Medan Sangat Layak Untuk Dijadikan Tempat Tinggal Keluarga

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Medan memiliki banyak hal seperti hiburan, kuliner, pendidikan, perkumpulan berbagai etnis dan sebagainya. Banyak masyarakat juga merasa betah tinggal di sana karena keindahan alamnya yang menawan. Kalaupun ada orang Medan yang merantau, pasti mereka akan merasa sangat rindu bisa pulang ke kampung halamannya kembali. Bahkan, banyak juga orang yang sudah sukses di tanah rantau namun tetap ingin menghabiskan masa tuanya di kota Medan. Apa sih yang membuat Medan sangat layak dijadikan tempat tinggal? Alasan mengapa masyarakat nyaman dan betah tinggal di kota Medan membuat banyak orang penasaran. Tak heran jika banyak masyarakat yang berasal dari luar kota Medan sering bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat Medan bisa sebegitu nyaman untuk ditinggali. Jika kamu juga penasaran dengan jawaban pertanyaan tersebut, mari simak informasi di bawah ini! 1. Salah satu kota terbesar di Indonesia Medan merupakan salah satu kota terbesar